Sepenggal Cerita Tentang Sejarah Futsal di Uruguay dan Brazil

Posted By Fathur Rokhman on Sunday, December 6, 2015 | 3:23 PM

Sebagai penggemar futsal ada baiknya menetahui tentang sejarah ditemukannya futsal ini. Berdasarkan beberapa artikel yang saya baca sebelumnya, terdapat dua versi sejarah ditemukanya futsal ini. Ada yang mengatakan futsal ditemuka di Uruguay pada tahun 1936 oleh seorang yang bernama Juan Carlos Ceriani, namun ada juga cerita bahwa futsal ditemukan di Brazil juga pada tahun yang sama.

Di Uruguay sendiri futsal ditemukan lebih tepatnya di kota Montevideo, oleh seorang yang bernama Juan Carlos Ceriani yang sudah disebutkan diatas. Dia berhasil mengembangkan versi kecil dari permainan bola sebelas orang yang dilakukan di dalam ruangan dan dapat digunakan didalam kompetisi untuk anak-anak.

Lain dengan cerita futsal di Montevideo Uruguay, pada tahun yang sama di kota Sao Paolo juga berkembang versi kecil dari permainan sepakbola yang dilakukan di jalan-jalan kota Sao Paolo. Bahkan mereka sudah memiliki peraturan tersendiri yang pada akhirnya menjadi Master of the Game di negara tersebut.

Permainan ini dengan cepat menyebar ke seluruh penjuru Amerika Selatan. Menurut situs wikipedia bahkan sudah pernah dilakukan pertandingan internasional pertama pada tahun 1965 dan paraguay menjadi pemenangnya. Pada tahun 1971 di Brazil berdiri secara resmi sebuah organisasi yang khusus membawahi futsal dengan nama FIFUSA.

Pada tahun itu FIFUSA pertama kali mengadakan kejuaraan dunia futsal dimana Brazil menjadi juaranya. Pada kejuaraan inilah mereka membawa bintang-bintang mereka seperti Pele, Rivelino, Falcao dan Zico. Mereka mempertontonkan skill mereka sebagai seorang pemain futsal. Selanjutnya futsal semakin berkembang ke seluruh dunia, bahkan pada tahun 1985 FIFUSA mengadakan kejuaraan keduanya di Madrid Spanyol dengan lebih banyak negara yang ikut serta.

FIFA Mengambil Alih

Dengan semakin berkembangnya futsal ke seluruh dunia maka pada akhirnya FIFA mengambil alih olahraga ini menjadi di bawah kontrol FIFA pada tahun 1989. Selanjutnya FIFA membuat dan mengubah beberapa aturan futsal misalnya, bola yang digunakan di futsal dibuat ukurannya menjadi lebih kecil dan lebih berat dengan tujuan untuk mengurangi pantulan pada saat jatuh di lantai. FIFA juga yang menambah aturan agar tidak ada batasan untuk substitusi pemain dalam futsal. FIFA menambah jumlah wasit yaitu di garis pinggir lapangan.


Blog, Updated at: 3:23 PM

0 comments:

Post a Comment