Beberapa Kesalahan Pada Saat Bermain Futsal Yang Harus Dihindari

Posted By Fathur Rokhman on Wednesday, December 16, 2015 | 2:50 PM

Futsal adalah permainan tim yang terdiri dari lima pemain dan satu diantaranya adalah seorang kiper. Jika salah seorang pemain dalam tim itu melakukan kesalahan maka akan berdampak pada keseluruhan tim. Oleh karena itu, apabila sobat ingin menjadi pemain futsal yang baik maka harus memperhatikan beberapa kesalahan pada saat bermain futsal yang harus dihindari. Berikut ini saya rangkumkan beberapa kesalahan yang sering terjadi pada saat bermain futsal. Apa sajakah itu?

Memaksakan Diri Tetap Bermain Walaupun Sudah Lelah
Permainan futsal memungkinkan pergantian pemain yang tidak terbatas jadi manfaatkan keuntungan ini untuk mengganti strategi dan utamanya mengganti pemain kalau sudah lelah. Pada saat sobat sudah lelah atau kecapaian maka gerakan tubuh biasanya akan melambat, konsentrasi menurun dan kehilangan ritme permainan. Hal ini bisa mempengaruhi permainan tim secara keseluruhan. Oleh karena itu, apabila sobat sudah merasa kehabisan nafas, sudah capai maka segera saja bergantina dengan pemain lain.

Hanya Menunggu Bola
Yang ini paling menyebalkan sebenarnya. Kalau ada pemain yang hanya menunggu bola tidak ikut mencoba membantu tim pada saat bertahan hanya menunggu bola didepan, pasti sangat menyebalkan buat anggota tim yang lain. Ketika ada pemain yang hanya menunggu bola maka permainan menjadi tiga lawan empat. Padahal pada dasarnya permainan futsal adalah permainan yang menuntut semua pemain selalu bergerak.

Lambat Dalam Menyerang dan Bertahan
Berdasarkan pengalaman saya ketika bermain futsal, tim yang lebih cepat tempo permainannya dengan pergerakan pemain yang cepat dan efektif akan memiliki kemungkinan untuk menang lebih besar daripada tim yang lambat dalam menyerang maupun bertahan.

Cepat Menyerah
Biasanya terjadi pada saat tim kebobolan lebih dulu maka akan menimbulkan kegelisahan kepada pemain. Namun jika sobat adalah pemain yang baik maka tidak akan cepat menyerah dan berputus asa. Selalu bergerak mencar kesempatan untuk membuat gol balasan dan menang. Selagi waktu masih tersedia, bahkan ketika hanya tinggal beberapa menit maka artinya kesempatan masih ada.

Hanya Fokus Menyerang
Jika tim terlalu fokus menyerang sehingga meninggalkan pos pertahanan kosong maka akan sangat berbahaya ketika bola lepas atau direbut lawan, karena lawan bisa dengan mudah melakukan serangan balik tanpa pengawalan. Oleh karena itu selalu bergerak bersama dengan membantu penyerangan tetapi tidak melupakan pertahanan.

Tidak Menjaga Pemain Lawan
Futsal memungkinkan untuk selalu menempel ketat lawan dan tidak memberikan ruang sedikit pun untuk mereka. Jika salah satu pemain lawan bebas maka dari sana lawan bisa membangun serangan. Jadi sebaiknya jangan biarkan lawan dengan leluasa memegang bola dan mempermainkan bola.

Lambat Mendistribusikan Bola
Lambat mendistribusikan bola baik pada saat open play maupun pada saat set piece, kick in atau pun throw in (posisi bola pada penjaga gawang). Anda harus cepat  mendistribusikan bola untuk memberikan tekanan melalui serangan balik pada saat lawan lengah.

Egois dan Menahan Bola Terlalu Lama
Kiranya sudah sangat faham apabila egois dalam semua permainan pasti akan merugikan apalagi futsal adalah permainan tim. Biasanya pemain yang egois juga pemain yang lama sekali memegang bola tanpa memedulikan pemain lain yang sudah dalam posisi lebih baik untuk menerima bola.

Tidak Memanfaatkan Kiper
Tugas utama kiper adalah menjaga gawang dari tembakan lawan namun sebenarnya kiper juga dapat maju untuk ikut membantu menyerang atau pada saat menguasai bola. Dengan kiper maju maka tim menang secara jumlah sehingga dapat dimanfaatkan untu membuka celah lawan.
Blog, Updated at: 2:50 PM

0 comments:

Post a Comment