Peraturan dalam Permainan Futsal Secara Umum yang Harus Diketahui

Posted By Fathur Rokhman on Tuesday, December 1, 2015 | 10:23 PM

Selamat pagi sahabat, apa kabarnya? mudah-mudahan selalu diberi kesehatan sehingga dapat beraktivitas dan melakukan yang terbaik dihari ini. Pada kesempatan kali ini, saya ingin menyampaikan mengenai beberapa peraturan yang ada dalam permainan futsal secara umum yang harus diketahui oleh seorang pemain futsal karena dengan mengetahui peraturannya maka permainan akan menjadi lebih baik dan menghindari kesalahpahaman dalam permainan. Oleh karena itu, peraturan dalam permainan futsal secara umum ini juga waji diketahui oleh seorang wasit dalam pertandingan. Bagaimana mungkin seorang wasit dapat memimpin suatu pertandingan futsal tanpa mengetahui peraturan permainannya, ya kan??.

Nah apa saja sih peraturan dalam permainan futsal secara umum yang harus diketahui aik oleh pemain maupun wasit dalam pertandingan futsal?. Berikut ini beberapa peraturan tersebut.

Peraturan Umum

Masing-masing tim d idalam lapangan terdiri dari empat pemain dan seorang penjaga gawang.
  • Di Futsal tidak ada istilah offside, jadi jangan pernah bilang offside kalau sedang bermain futsal ya nanti jadi ketahuan masih pemulanya.
  • Untuk penjaga gawang, dia hanya bisa memainkan bola dengan menggunakan tangan dan kaki selama 4 detik diwilayahnya, setelah itu harus segera diberikan ke pemain lain. Berikutnya, sekali bola sudah diberikan dan dimainkan oleh pemain yang lain, seorang penjaga gawang tidak boleh menyentuh bola untuk yang kedua kalinya di daerahnya sendiri kecuali bola tersebut telah tersentuh oleh pemain lawan. Istilah lainnya bola jangan diback pass ke penjaga gawang.
  • Lama waktu permainan biasanya sih 20 menit bersih tidak termasuk kalau ada pelanggaran atau ada insiden tertentu yang menyebabkan pertandingan terhenti.
  • Masing-masing tim memiliki jatah waktu untuk time-out masing-masing satu menit, Time-out diajukan oleh pelatih kepada wasit pada saat timnya sedang menguasai bola.
Pergantian Pemain

Berbeda dengan sepakbola di lapangan besar, kalau ada pergantian pemain harus seizin wasit. Namun kalau di permainan futsal pergantian pemain dapat dilakukan tanpa memberitahu wasit. Hanya saja yang harus diperhatikan adalah pergantian pemain hanya dapat dilakukan pada sisi untuk pergantian pemain. Dan pemain yang akan diganti harus keluar dahulu baru pemain yang pengganti masuk. Kalau ada pelanggaran dalam pergantian pemain ini maka wasit pertandingan dapat menghentikan permainan dan memberi peringatan kepada pemain.

Kick Off

Pada saat kick off maka pemain lawan harus berdiri sekitar 5 meter dari bola. Kick Off dilakukan dari tengah lapangan, caranya bola dimainkan bisa ditendang atau digulirkan ke arah lawan. Kalau pada saat kick off langsung diberikan ke belakang maka kick off diulang.

Demikian  kurang lebih aturan futsal secara umum yang harus diketahui. Pada kesempatan lain akan saya ulas mengenai peraturan ketika bola keluar lapangan, tendangan korner atau beberapa pelanggaran yang tidak boleh dilakukan dalam futsal dan hukuman serta cara pencatatan pelanggaran oleh wasit. Terimakasih atas perhatiannya sampai bertemu di lain tulisan. :D

Blog, Updated at: 10:23 PM

0 comments:

Post a Comment