Latihan Untuk Meningkatkan Tehnik Individu dan Permainan Dalam Futsal

Posted By Fathur Rokhman on Wednesday, December 2, 2015 | 2:38 PM

Futsal merupakan permainan tim yang terdiri dari empat pemain outfield dan seorang penjaga gawang, sehingga tim yang bermain kompak dan teraturlah yang lebih besar kemungkinannya untuk meraih kemenangan. Namun demikian skill individu pemain juga sangat penting untuk mendukung permainan agar bola selalu terjaga dan selalu mengalir.

Seorang pemain futsal yang berkualitas harus memiliki tehnik individu yang baik, mental yang bagus, pengertian terhadap permainan yang memadai, dan fisik yang mendukung. Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas mengenai latihan untuk meningkatkan tehnik individu dan permianan dalam futsal.

Yang harus diperhatikan sebelum melakukan latihan tehnik-tehnik futsal tersebut, lakukanlah pemanasan dengan berlari, melompat dan berlari-lari kecil. Pemanasan membuat darah beredar lancar ke seluruh tubuh. Setelah pemanasan lakukanlah peregangan otot untuk mencegah terjadinya cedera. Utamakan peregangan otot paha dan kaki, meskipun peregangan seluruh tubuh juga penting. Biasakan menahan setiap peregangan selama beberapa detik dan ulangilah beberapa kali.

Latihan untuk meningkatkan tehnik individu dan permainan dalam futsal yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

Tehnik Mengumpan (Passing)

Mengumpan adalah bagian paling penting dalam permainan futsal. Seperti disebutkan di depan bahwa futsal adalah permainan tim, oleh karena itu tehnik mengumpan harus selalu ditingkatkan agar permainan semakin baik. Dengan mengumpan maka memungkinkan tim untuk menciptakan serangan dengan menghubungkan semua pemain di seluruh bagian lapangan. Terdapat beberapa cara yang digunakan dalam mengumpan yaitu:
  1. Mengumpan dengan kaki bagian dalam.
  2. Mengumpan dengan kaki bagian luar.
Masing-masing tehnik mengumpan ini memiliki keistimewaan sendiri-sendiri. Mengumpan dengan kaki bagian dalam kelebihannya adalah lebih akurat, sedangkan mengumpan dengan kaki bagian luar dapat digunakan untuk umpan-umpan pendek ataupun untuk sekedar menipu lawan agar umpan itu tidak tertebak.

Tehnik Menggiring Bola

Menggiring bola adalah bagian dalam permainan futsal yang paling digemari, namun demikian tidak cocok juga apaila pemain terlalu suka menggiring bola karena futsal adalah permainan tim. Tetapi meningkatkan tehnik menggiring bola juga penting. Yang paling bijaksana adalah menggiring bola pada saat yang tepat dan dengan cara yang tepat karena biasanya menggiring bola akan memperlambat tempo permainan. Menggiring bola meliputi: mengubah arah bola, melakkan gerak tipu dan melindungi bola.

Tehnik Melakukan Tembakan

Dalam permainan futsal kemenangan hanya dihitung apabila sebuah tim memasukan bola ke gawang lawan lebih banyak daripada kemasukan bola oleh lawan atau yang paling banyak mencetak golnya. Untuk dapat mencetak gol otomatis harus bisa melakukan tembakan. Dalam sejarah futsal kemenangan tidak dihitung dari banyaknya sebuah tim mengumpan atau menggiring bola, ya kan?

Terdapat variasi dalam melakukan tembakan yaitu:
  1. Tembakan dengan tendangan volley dari depan
  2. Tembakan dengan tembakan setengah volley
  3. Tembakan dengan tendangan volley dari samping.
Tehnik Menyundul

Tehnik menyundul juga penting dan kadang digunakan untuk berbagai kondisi. Misalnya menyundul bola untuk memasukkan bola kedalam gawang, atau menyundul bola untuk mengumpan ke teman, atau menyundul bola untuk clearence di depan gawang.

Tehnik Mengontrol Bola

Mengontrol bola sangat penting karena dengan mengontrol bola maka memungkinkan kita dapat mengumpan, menggiring dan menembak bola ke dalam gawang. Mengontrol bola dapat dilakukan dengan menggunakan bagian manapun dari tubuh, namun yang harus diperhatikan sesaat sebelum menerima bola pastikan bagian tubuh yang akan digunakan untuk mengontrol bola agar sedikit mengikuti arah bola kebelakang. Hal ini untuk meredam bola dan mencegah bola memantul kembali ke depan dengan cukup keras.

Demikianlah sekilas latihan untuk meningkatkan tehnik individu dan permainan dalam futsal. Belum semuanya dibahas namun Insya Allah akan dibahas pada kesempatan yang lain.
Salam Futsal!.
Blog, Updated at: 2:38 PM

0 comments:

Post a Comment