Cara Melakukan Tackling Dalam Sepakbola Futsal

Posted By Fathur Rokhman on Wednesday, December 2, 2015 | 3:16 PM

Tackling merupakan tindakan yang berbahaya namun kadang diperlukan dala permainan sepakbola ataupun futsal. Tetapi tackling dalam futsal memang jarang sekali dilakukan kecuali pada keadaan yang darurat. Oleh karena itu, pengetahuan atau keterampilan tackling juga harus dikuasai oleh seorang pemain futsal.

Tackling biasanya digunakan oleh tim futsal ketika timnya sedang bertahan. Jadi tackling adalah keterampilan individu untuk bertahan yang digunakan untuk merebut bola dari lawan. Semua pemain harus bisa melakukan ini karena tanggung jawab untuk bertahan dan merebut bola adalah tanggung jawab semua pemain. Untuk dapat menguasai tehnik tackling ini dengan baik maka harus dilatih secara rutin. Apabila kita sudah menguasai tehnik tackling dengan baik maka kemungkinan cedera akan berkurang.

Terdapat tiga tehnik dasar tackling, yaitu tackling memblok bola, tackling menyodok, dan teknik meluncur. Untuk melakukan tackling dengan tepat diperlukan penentuan waktu yang tepat (timing), penilaian yang baik, dan kepercayaan diri.

Tackling Memblok

Gunakan tackling memblok jika lawan menggiring bola langsung ke arahmu. Cara melakukan tackling memblok adalah sebagai berikut:
  1. Rapatkan jarak dengan lawan, kemudian condongkan tubuh ke depan. Tubuh membungkuk untuk menjaga keseimbangan. Tarik kaki yang akan memblok dan tempatkan di samping. Jaga supaya kaki tetap kokoh dan pusatkan perhatian pada bola.
  2. Bahu lurus dengan lawan dan pindahkan daya gerak ke depan. Gerakkan kaki yang memblok ke bagian tengah bola. Jaga agar kaki tetap kokoh.
  3. Daya gerak timbul pada saat kontak. Dorong bola ke depan melewati lawan. Kuasai bola dan mulailah merencanak serangan.
Tackling Menyodok

Gunakan tackling menyodok  saat kamu mendekati lawan dari samping atau sedikit di belakang. Teknik tackling menyodok dapat dijabarkan sebagai berikut:
  1. Rapatkan jarak dengan lawan, kemudian bungkukkan tubuh sedikit dengan lutut ditekuk. Pertahankan keseimbangan dan kontrol tubuh. Pusatkan perhatian pada bola.
  2. Julurkan kaki yang akan melakukan tackling ke arah bola. Tekuklah kaki yang menahan keseimbangan. Sodok bola dengan jari kaki. Hindari kontak dengan lawan sebelum melakukan tackling.
  3. Kaki ditarik dan kejarlah bola.
Tackling Meluncur

Tackling meluncur biasanya digunakan pada saat-saat terakhir ketika lawan berhasil melewati kita dan hanya sedikit kemungkinan untuk mengejarnya. Pada saat tersebut, tindakan yang paling memungkinkan adalah dengan meluncur dan menendang bola kemana saja. Tehnik tackling meluncur dapat dijabarkan sebagai berikut:
  1. Dekati bola dari belakan atau samping dan bungkukkan tubuh saat mendekati lawan. Jagalah keseimbangan dan kontrol penuh. Pusatkan perhatian pada bola.
  2. Keluarka kaki dan luncurkan tubuh ke samping. Letakkan tangan ke samping untuk menjaga keseimbangan. Luruskan tungkai kaki ke arah bol dan luruskan kaki yang akan digunakan untuk melakukan tackling. Tekuklah lutut kaki yang lainnya. Sentakkan kaki ke bola dan tendanglah dengan kura-kura kaki. Hindari kontak dengan lawan sebelum bola di tackling.
  3. Melompat berdiri dan jika perlu kuasai bola.
Demikianlah yang dapat disampikan pada kesempatan kali ini, nantikan artikel kami selanjutnya tetap di demamfutsal.blogspot.co.id.

Salam Futsal!.
Blog, Updated at: 3:16 PM

0 comments:

Post a Comment