Cara Melakukan Pemanasan Sebelum Memulai Permainan Futsal

Posted By Fathur Rokhman on Thursday, December 3, 2015 | 11:48 AM

Sebelum memulai permainan futsal sebaiknya lakukanlah pemanasan terlebih dahulu, karena pemanasan akan membuat tubuh lebih siap untuk bermain. Pemanasan dapat membuat pemain lebih cepat bereaksi pada saat permainan sudah dimulai. Tim yang sudah melakukan pemanasan dengan baik akan memiliki keuntungan tersendiri dari lawan mereka.

Pemanasan juga penting dilakukan oleh pemain di segala tingkatan umur. Yang biasa saya lihat, banyak pemain apalagi yang masih muda-muda mereka langsung masuk ke lapangan dan biasanya langsung bermain. Bagi mereka yang masih muda mungkin belum terlalu bermasalah, tetapi apabila mereka sudah benar-benar profesional maka pemanasan sangat penting dilakukan sebelum pertandingan.

Cara melakukan pemanasan sebelum memulai permainan futsal yang mudah dilakukan misalnya, lari-lari kecil keliling lapangan, beberapa kali lari cepat jarak pendek (short sprint) dan lompatan bintang (star jumps). Berlari dan melompat dengan mengangkat lutut tinggi-tinggi sambil menggunakan lengan anda untuk penyeimbang. Latihan ini juga termasuk berlari-lari dengan menarik kaki tinggi-tinggi ke belakang sehingga tumit anda hampir menyentuh pantat anda.

Permainan futsal kadangkala memaksa tubuh melebihi batas dan pemanasan atau melakukan peregangan otot-otot sebelum pertandingan membuat otot-otot tersebut mampu bekerja pada kondisi puncak, memperbaiki prestasi dan menghindari cedera. Lakukan pemanasan sebelum peregangan otot dan selalu melakukan gerakannya dengan lembut. Lakukan setiap posisi meregang selama lima atau sepuluh detik dan ulangilah peregangan ini beberapa kali.
  1. Lakukan peregangan dengan menggunakan satu tangan sebagai penopang,salah satu lutut menempel ke lantai, tariklah tungkai kaki tersebut dengan lembut. Tahanlah selama beberapa detik, kemudian ulangi dengan kaki sebelahnya.
  2. Sambil duduk dilantai, posisi kaki mengangkang, lalu cium masing-masing lutut bergantian, dan tahnlah beberapa detik pada setiap gerakan.
  3. Sambil berdiri dengan membuka kaki kurang lebih sejengkal, condongkan badan ke samping kanan dan kiri bergantian.
Apabila dilakukan dengan baik maka dimulai dengan lari-lari kecil pemanasan seperti yang sudah dijelaskan diatas sampai dengan peregangan, maka anda sudah dapat memulai permainan futsal dengan lebih baik.
Blog, Updated at: 11:48 AM

0 comments:

Post a Comment