Teknik Kontrol Bola Pada Futsal

Posted By Fathur Rokhman on Wednesday, December 9, 2015 | 1:01 PM

Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang pemain futsal adalah teknik kontrol bola. Seorang pemain futsal yang bagus akan dengan cepat menguasai bola ketika bola itu datang sehingga bola selalu lengket di kakinya atau tidak terlalu jauh dari kakinya. Jadi sebenarnya teknik kontrol bola ini sangat penting.

Teknik kontrol bola ini juga termasuk pada saat menerima bola maupun memperlakukan bola di kaki sampai dengan mengopernya. Oleh karena itu teknik kontrol bola futsal juga meliputi bagaimana cara menerima bola yang baik. Untuk menjelaskan bagaimana cara menerima bola dengan baik pada permainan futsal ini, harus dibedakan berdasarkan posisi bola pada saat datang yaitu bola bawah yang bergulir, bola sedang setinggi dada dan bola atas kepala.

Yang pertama, bagaimana apabila bola datang dengan cepat dengan bergulir?. Untuk mengontrolnya dengan cepat atau menerimanya dengan baik agar tidak memantul terlalu jauh maka gunakan tips ini. Ketika bola datang dari arah depan maka gunakan telapak kaki atau bagian bawah sepatu atau sol. Dengan cara ini maka bola akan langsung terhenti di kaki. Latihlah cara ini berulang kali agar anda semakin bagus dalam teknik kontrol bola ini. Ketika bola datang dari samping dengan cara bergulir maka terima bola dengan kaki bagian dalam dengan cara kaki agak ditarik searah laju bola dan usahakan kaki kita mengenai bola bagian sepertiga atas. Dengan cara ini bola juga akan langsung terhenti dan tidak memantul jauh.

Yang kedua, teknik kontrol bola ketika bola datang setinggi dada atau perut. Apabila bola datang dengan cara demikian maka yang biasa saya lakukan untuk mengontrolnya adalah dengan menarik kebelakang bagian dada atau peruk yang akan digunakan untuk menerima bola, sehingga bola akan memantul lemah dan jatuh. Setelah bola jatuh di lantai gunakan kaki sobat untuk menahannya.

Yang ketiga, teknik kontrol bola ketika bola datang kepada kita setinggi kepala atau diatasnya. Ini adalah bagian tersulit. Saya biasanya mengontrol dengan cara menyundul bola pelan saja agar bola terhenti dan jatuh lalu gunakan kaki untuk menahannya.

Itulah cara yang biasa saya gunakan untuk melakukan teknik kontrol bola futsal, semoga bermanfaat untuk sobat semua.
Blog, Updated at: 1:01 PM

0 comments:

Post a Comment