Pentingnya Komunikasi Efektif dan Bagaimana Cara Melakukannya Di Permainan Futsal

Posted By Fathur Rokhman on Saturday, December 12, 2015 | 12:48 AM

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa futsal adalah permainan tim, sehingga setiap pemain harus saling bekerja sama apabila ingin memenangkan pertandingan. Sebuah tim futsal harus bergerak bersama-sama dan kompak baik pada saat melakukan penyerangan maupun pada saat melakukan pertahanan. Pada saat menyerang sebuah tim harus kompak dan bergerak bersama, bersatu pada saling mendukung agar dapat menciptakan gol, demikian juga pada saat sebuah tim sedang bertahan maka semua pemain harus saling membantu menahan laju serangan lawan. Dengan cara bersama-sama itu sebuah tim akan sulit untuk dikalahkan, itulah pentingnya komunikasi yang efektif dalam permainan futsal. Disana dibutuhkan komunikasi antar anggota tim namun bukan sekedar komunikasi asal-asalan namun harus merupakan komunikasi yang efektif.

Bagaimana sebuah tim dapat melakukan komunikasi yang efektif?. Memang tidak mudah dan komunikasi tersebut harus dilatih secara terus-menerus agar setiap pemain saling mengetahui kepribadian dan tipe permainan masing-masing.

Untuk melatih komunikasi yang efektif menurut saya ada dua hal yang harus sering dilakukan antar anggota tim yaitu didalam lapangan dan diluar lapangan.

Cara melakukan komunikasi yang efektif di dalam lapangan misalnya dapat dilakukan dengan ucapan meminta bola, atau meminta mengoper bola, atau meminta pemain lain mencari ruang atau apalah yang diperlukan pada saat pertandingan. Dengan ucapan diharapkan pesan diterima dengan jelas. Namun komunikasi bisa juga dilakukan dengan isyarat misalnya isyarat dengan menggunakan anggota tubuh seperti tangan, mata, atau gerakan kepala dan sebagainya. Dengan semakin seringnya melakukan komunikasi maka semakin terjalin pengertian sehingga kadang hanya dengan mengerdipkan mata saja pemain lain sudah tahu pesannya, atau dengan hanya gerakan tangan saja sudah mengerti arahnya. Semakin banyak kimunikasi maka semakin kompak sebuah tim futsal dan kemungkinan menang juga semakin banyak.

Yang kedua adalah komunikasi yang dilakukan di luar lapangan, bagaimana caranya?. Kalau menurut saya untuk meningkatkan pengertian maka manfaatkan waktu setelah pertandingan dengan saling bersenda-gurau biasanya kekompakan semakin terjalin. Kesempatan ini juga dapat digunakan untuk saling evaluasi bagaimana yang terbaik agar permainan saling berkembang.

Begitulah kira-kira yang dapat saya bagikan mengenai pentingnya komunikasi efektif dan bagaimana cara melakukannya di permainan futsal. Baca juga tips dari saya yang lain di blog ini ya. Terimakasih semuanya.
Blog, Updated at: 12:48 AM

0 comments:

Post a Comment