Penjelasan Singkat, Apa itu Futsal?

Posted By Fathur Rokhman on Saturday, November 28, 2015 | 8:40 AM

Nah, sebagai perkenalan pertama dengan olahraga futsal, maka yang paling sering ditanyakan adalah tentang apa itu futsal?, dan apa bedanya dengan sepakbola?. Oleh karena itu, saya akan mencoba memebrikan penjelasan singkat tentang apa itu futsal serta apa perbedaannya dengan sepakbola biasa.

Apa itu futsal?

Futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua tim, dimana masing-masing tim terdiri dari lima orang. Tujuan permainan ini adalah mencetak gol sebanyak-banyaknya ke gawang lawan dengan kadang disertai trik-trik dan tipuan-tipuan untuk melewati lawan. Jadi secara umum futsal hampir sama dengan sepakbola yang sudah kita kenal dan sudah sering kita mainkan sewaktu kecil. Antara sepakbola dan futsal sama-sama permainan bola dengan menggunakan kaki dengan tujuan untuk memasukkan bola kegawang lawan sebanyak-banyaknya. Namun demikian, antara futsal dan sepakbola biasa terdapat perbedaan juga.

Perbedaan Futsal dengan Sepakbola Biasa

Walaupun sama-sama merupakan permainan bola dengan menggunakan kaki, namun terdapat perbedaan antara futsal dan sepakbola yaitu:
  • Futsal lebih sering dimainkan didalam ruangan / indoor.
  • Bola yang digunakan diameternya lebih kecil namun lebih berat daripada sepakbola.
  • Luas lapangan yang digunakan juga lebih kecil yaitu dengan ukuran panjang 25-43m lebar  15-25m.
  • Futsal dimainkan oleh lima orang pemain termasuk penjaga gawang, sedangkan sepakbola dilakukan oleh sebelas pemain termasuk penjaga gawang.
  • Lama permainan 2x20 menit dengan waktu istirahat 10 menit.
Demikianlah kurang lebih perbedaan futsal dengan sepakbola biasa yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Sebenarnya selain yang sudah saya tuliskan tersebut juga masih banyak perbedaan-perbedaan yang lain, namun mungkin bisa kita bahas atau kita tambahkan dilain waktu. Atau anda bisa menyebutkan perbedaan-perbedaan yang lain yang belum saya tulis, silahkan Anda tambahkan sendiri ya?.

Salam Futsal.
Blog, Updated at: 8:40 AM

0 comments:

Post a Comment